Rumah Adat

 GAMBAR RUMAH ADAT Tradisional Indonesia

Rumah adat | Gambar Rumah adat | Rumah adat Tradisional | Ruma Tradisional Indoesia

rumah adat Batak Toba
rumah adat Batak Karo
Inilah Gambar rumah adat Batak. Rumah adat Batak adalah rumah adat suku Batak dari Sumatera Utara. Rumah adat Batak sendiri memiliki bentuk yang beragam karena suku Batak masih terbagi dalam Batak Toba, Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Mandailing?, Batak Angkola dan Batak Pakpak.
Gambar rumah adat Batak di atas adalah gambar rumah adat Batak Toba (gambar pertama) dan gambar rumah adat Batak Karo. Rumah adat tersebut telah disempurnakan oleh nenek moyang suku Batak selama berabad-abad hingga mencapai bentuk yang ada sekarang. Penyempurnaan bentuk tersebut tentunya disesuaikan dengan kondisi alam sekitar dan mungkin juga kepercayaan setempat.
semoga saja Gambar rumah adat Batak tersebut bisa memberikan inspirasi bagi yang berminat membuat rumah unik dan tetap mempertahankan ciri Indonesia.
GAMBAR RUMAH GADANG | RUMAH MINANGKABAU (SUMATERA BARAT)
Setelah menampilkan rumah adat Batak, sekarang armhando.com akan menampilkan rumah adat dari Sumatera Barat. Di Sumatera Barat, tepatnya di Minangkabau, rumah tempat tinggal dikenal dengan sebutan Rumah Gadang. Rumah Gadang berfungsi sebagai tempat tinggal dan tempat pelaksanaan upacara-upacara adat seperti kematian, kelahiran, perkawinan, serta musyawarah adat.
Dengan sekilas mengamati Rumah adat Minangkabau atau Rumah Gadang, akan nampak kerumitan arsitekturnya. Pola Rumah Gadang berbentuk kapal; kecil kebawah dan besar ke atas. Bentuk atap Rumah Gadang memiliki bubungan yang rumit dengan bentuk melengkung ke atas. Untuk Denah dasar rumah gadang, berbentuk empat persegi panjang dan lantai berada diatas tiang-tiang. Tangga untuk masuk ke dalam rumah berada ditengah-tengah.
Ruangan dalam rumah gadang memiliki ukuran yang disesuaikan dengan banyaknya penghuni rumah tersebut. Namun jumlah ruangnya biasanya ganjil. Sebagai tempat tinggal rumah gadang mempunyai bilik-bilik dimana bilik barisan belakang untuk anak-anak, wanita yang sudah berkeluarga, ibu dan nenek. Ukuran ruang tempat tidur selalu lebih kecil dari ukuran ruangan umum yang menandakan bahwa kepentingan umum selalu didahulukan. Rumah Gadang juga dihiasi dengan berbagai ukiran yang bisanya bermotif tumbuhan.
Seperti kebanyakan rumah adat di Indonesia, di halaman depan Rumah Gadang terdapat beberapa RANGKIANG, bangunan kecil yang berfungsi sebagai lumbung.
Rumah Gadang merupakan salah satu sumber inspirasi desain rumah bagi yang masih ingin mempertahankan ke-eksotik-an rumah adat Indonesia dalam desain rumah yang akan dibangun.

GAMBAR RUMAH ADAT TORAJA | RUMAH TONGKONAN – ALANG

CLICK FOR DETAIL 

Gambar rumah unik yang saya tampilkan adalah gambar rumah Tongkonan. Tongkonan, rumah adat Toraja yang bentuk atapnya menyerupai perahu. Tongkonan selalu menghadap ke utara dan selatan sebagai simbol asal nenek moyang. Nenek moyang orang Toraja konon berlayar dari utara  dan selama perjalanan menyusuri sungai sebelum mencapai Toraja, mereka kerap beristirahat di pinggir sungai dengan membalik perahunya dan berlindung di ruangan yang terbentuk di bawahnya. Itulah mengapa atap tongkonan menyerupai perahu. Mungkin kisah tersebut hanya legenda karena belum ada penelitian lanjut mengenai hal itu, mungkin juga tergolong ulelean pare namun kisah itulah yang lebih masuk akal untuk disampaikan.

Di depan tongkonan biasanya terdapat bangunan dengan atap serupa namun memiliki fungsi sebagai lumbung. Bangunan itu desebut “Alang”. Alang tidak persis menyerupai tongkonan. Bagian tengah alang dibiarkan kosong dan sekitar 1 meter dari tanah dibuat ditempatkan papan yang juga berfungsi sebagai tempat duduk atau menerima tamu.

Rumah Tongkonan dan Alang biasanya memiliki atap dari bambu yang dipotong dan disusun sedemikian rupa sehingga bisa tahan hingga berpuluh-puluh tahun. Atap tersebut selain menyejukkan ruangn di bawahnya, juga bisa meredam suara tetesan hujan, menjadi tempat bersarang burung-burung dan juga tempat tumbuhnya tanaman paku dan lumut yang membuat Tongkonan seakan menyatu dengan alam. Namun sekarang lebih banyak atap rumah Tongkonan dan Alang yang menggunakan atap seng. Atap seng memang praktis namun seakan tidak memiliki chemistry dengan   bangunan Tongkonan untuk disandingkan menjadi satu bangunan. “Wagu” mungkin istilah dalam bahasa Jawa yang cocok untuk menggambarkan penggunaan atap seng pada rumah Tongkonan dan Alang

Gambar rumah Tongkonan dan Alang di atas tidak menampilkan bagian keseluruhan dari kedua bangunan unik tersebut. Penasaran dengan gambar rumah Tongkonan dan Alang yang asli? Silahkan berkunjung ke Toraja, tanah yang oleh turis luar negeri dijuluki Land of The heavenly King.

GAMBAR RUMAH ADAT TRADISIONAL DAERAH INDONESIA Lainnya :

Rumah Adat Tradisional aceh: Rumoh aceh

Rumah adat Riau

Rumah adat Maluku

Rumah adat palembang | Rumah adat Sumatera selatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s