Suku-Suku Di Indonesia

Suku-Suku Yang Ada Di Indonesia

Keragaman suku di Indonesia begitu besar, dengan ratusan suku tersebar dari Sabang sampai Merauke. Berikut ini daftar suku-suku utama Indonesia dan persebaran penduduknya di Indonesia maupun daerah lainnya. Bukan melihat jumlahnya, tetapi melihat wilayah sebarnya.

Suku Jawa

Adalah suku terbesar dari segi populasi di Indonesia, diperkirakan jumlahnya mencapai 85-100 juta jiwa (baik asli maupun keturunan). Suku ini terpusat utamanya di Propinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Jogjakarta dan Jawa Timur. Sedangkan persebaran lainnya ada di pantai utara Jawa Barat dan Banten (dari Pesisir Serang sampai Cirebon), Propinsi-propinsi bagian selatan Sumatera seperti Bengkulu (25%), Sumatera Selatan dan yang terbesar di Propinsi Lampung (lebih dari 60%). Kemudian pula mempunyai persentase diatas 20% di Sumatera Utara, 600 ribu orang di Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Barat (dengan konsentrasi terbesar di Kabupaten Dharmasraya sebanyak 25%) Daerah-daerah transmigrasi di berbagai wilayah di Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Sedang di Jakartapun jumlahnya cukup besar. Pendek kata, hampir setiap wilayah Indonesia dapat dijumpai orang Jawa (baik asli maupun keturunan).

Selain di Indonesia, orang Jawa (dan keturunannya) juga tersebar di Malaysia (dengan konsentrasi terbesar di Negara bagian Johor), Singapura, Kaledonia Baru, Suriname (15% penduduk), Belanda, Curacao, Aruba dan Saint Laurent du Maroni di Guiana Prancis.

Suku Sunda

Terbesar kedua, namun persebarannya tidak semerata suku-suku lainnya. Terkonsentrasi utamanya di propinsi Jawa Barat dimana mereka mayoritas (kecuali kawasan pantura). Kelompok juga tersebar di berbagai kota di Indonesia dalam jumlah tertentu. Di propinsi Banten, mereka menempati kawasan pedalaman hingga pantai selatan, sedangkan di propinsi Jawa Tengah, mereka dominan di bagian barat kabupaten Cilacap dan Brebes dengan batas wilayah Kali Pemali di Brebes (Sunda di sisi barat dan Jawa disisi timur) diantara Bantarkawung dan Bumiayu.

Suku Melayu (Pesisir)

Suku ini tersebar dari Aceh Tamiang, pesisir timur Sumatera Utara (dari pesisir Langkat hingga pesisir Labuhan Batu), Riau (kawasan Kampar, Rokan Hulu, Indragiri Hulu dan Pekanbaru didominasi orang Minangkabau), Kepulauan Riau, Jambi (terutama kota Jambi, Muaro Jambi, Batanghari hingga Tanjung Jabung di pantai), pesisir Bengkulu (utamanya kota Bengkulu), Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, pesisir Kalimantan Barat (dari Sambas sampai Ketapang).

Orang Melayu yang bernenekmoyang dari Pontianak, Pahang dan Trengganupun terkonsentrasi di kawasan Loloan, Kabupaten Jembrana, Bali.

Mempunyai dialek Melayu masing-masing yang lambat laun tergantikan oleh Bahasa Indonesia (yang notabene juga berakar dari Melayu).

Suku Bugis-Mandar-Makassar

Suku perantau dan pelaut ini terpusat di Propinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Sektor perdagangan di Indonesia Timurpun mereka kuasai. Mereka juga memiliki persentase besar di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara. Kalimantan Selatan, terutama di kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu yang memiliki persentase suku Bugis Mandar terbesar. Sedangkan di Kalimantan Timur, kelompok Bugis umumnya berasal dari Wajo yang dipercaya sebagai pendiri kota Samarinda. Di Kalimantan Timur ini mereka tinggal di pesisir pantai hingga tepian sungai Mahakam di kawasan Melak. Kampung-kampung Bugis juga dapat ditemui di Propinsi Bali.

Banyak warga Melayu Malaysia yang leluhurnya berasal dari suku Bugis, termasuk raja-rajanya. Suku Bugispun juga dijumpai di pulau Sumatera, terutama di kawasan Indragiri Hilir (Riau Daratan) dan propinsi Kepulauan Riau serta dalam persentase lebih kecil di Propinsi Jambi dan Kalimantan Barat.

Suku Madura

Diperkirakan jumlahnya mencapai lebih dari 10 juta jiwa. Terkonsentrasi di Pulau Madura, kepulauan-kepulauan disekitarnya, kepulauan Kangean, Masalembo dan Tapal kuda Jawa Timur. Jumlah yang sangat besar juga dijumpai di Surabaya dan Malang. Selain itu mereka juga menyebar hingga Pulau Kalimantan, utamanya di Kalimantan Barat (kini mereka terpusat di Pontianak dan sekitarnya), Kalimantan Tengah (Sampit dan sekitarnya, namun kini karena konflik mereka dilarang kembali), Kalimantan Selatan dan Timur (utamanya di Banjarmasin dan Samarinda).

Suku Minangkabau

Suku ini terbagi atas sub-sub suku yang cukup besar. Berasal dari Sumatera Barat (kecuali kepulauan Mentawai), Propinsi Riau (Kampar, Pekanbaru, Rokan Hulu, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu), Propinsi Jambi (Kerinci dan kota-kota besar di Jambi), pesisir barat Sumatera Utara (mulai Mandailing Natal hingga Sibolga), dan Nanggroe Aceh Darussalam (terutama di Aceh Selatan, Aceh Barat Daya dan Nagan Raya dimana mereka disebut aneuk jamee)

Suku Minang juga tinggal di berbagai kota besar di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Mereka juga mendominasi perekonomian di kawasan Sumatera, dan terkenal dengan bisnis warung Padangnya. Suku ini juga membentuk Negeri Sembilan di Malaysia, dan masih bertali-talian dengan Sumatera Barat.

Suku Batak (termasuk Karo, Simalungun, Pakpak, Mandailing, Angkola dan Toba)

Suku ini mendominasi wilayah propinsi Sumatera Utara. Namun yang paling menonjol kebatakannya adalah orang dari Toba. Sedangkan kelompok Karo dan lainnya lebih suka disebut dengan nama sukunya masing-masing. Jadi saya satukan saja…persebaran suku-suku ini juga meluas di Indonesia, sedang di Sumatera sendiri sebagai pusatnya adalah sebagai berikut :

Batak Toba : Tersebar di kawasan sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir, kota-kota besar di Indonesia, dan propinsi Riau, terutama dikawasan sekitar Dumai, Pekanbaru, Rokan Hulu dan Hilir.

Karo : Konsentrasi berada di Kabupaten Karo sebagai induk, Deli Serdang, Langkat, Serdang Bedagai. Juga dijumpai di Aceh Tenggara, NAD terutama di Kutacane dan sekitarnya.

Simalungun : Terpusat di Kabupaten Simalungun dan sekitarnya

Pakpak : Tinggal utamanya di Kabupaten Dairi, Pakpak Bharat, dan Aceh Singkil

Angkola-Mandailing : Tinggal dikawasan Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s